Tempat Wisata di Garut – Leuweung Sancang Garut, sebenarnya masuk ke dalam area cagar alam dan hutan konservasi Indonesia. Namun, pihak pariwisata setempat membaca potensi yang dimiliki tempat ini hingga pada akhirnya memperbolehkan pihak luar untuk berkunjung ke daerah ini. Ada legenda terkenal tentang menghilangnya Prabu Siliwangi dan Maung penjaga di tempat ini. Tak ayal, hutan ini sarat akan nuansa mistik.  Namun, mitos inilah yang membuat hutan daerah Leuweung Sancang masih asri dan tak terjamah dari keisengan pengunjung. Selain menikmati indahnya hutan cagar yang mengepung anda, ada Curug yang bisa digunakan untuk mandii dan bermain air. Untuk menuju Curug tersebut, anda harus menyebrangi sebuah sungai yang cukup besar dan deras dengan getek.

Hutan Leuweung Sancang terbagi jadi tiga daerah cagar alam yaitu hutan dataran rendah, hutan mangrove, dan cagar alam pantai atau hutan pantai. Wisata Leuweung Sancang Garutmerupakan hutan yang masih alami dengan kualitas air yang masih bersih. Disertai dengan tumbuhnyai pepohonan yang cukup lebat yang menjadi rumah bagi hewan hewan liar, akan menjadikan suguhan paling istimewa bagi para pelancong nantinya.Jika anda beruntung anda bisa menemukan tunas dari  Rafflesia Patma. Menurut polisi hutan yang selalu berpatroli, mawar itu hanya mekar selama seminggu di tiap tahunnya. Pemandangan sungai jernih yang berliku di antara pepohonan, hamparan pasir putih nan elok yang menghiasi hutan pantai akan memanjakan mata anda yang  rindu dengan keelokan alam. Keindahan yang tersaji selama eksplor daerah wisata Leuweung Sancang Garut seperti pepohonan yang yang menyangga tubuh dan dedaunan yang menjad rambu anda. Semua bersatu pada dalam balutan harmoni alam Leuweung Sancang.

Wisata Leuweng Sancang Garut memiliki paket lengkap dari wisata alam mulai sungai, hutan tropis hingga pantai indah ada di sini. Hutan Leuweung Sancang yang \erat kaitannya dengan mitos suku sunda ini, sempat memberikan persona seram di muka para awam. Wilayah ini terbilang masih jarang tersentuh, bak tak ada satu manusiapun yang ingin menjamahnya berkat mitos dan cerita hewanhewan buasnya.Uniknya, Leuweng Sancang memiliki macam ekosistem yang terbilang lengkap. Hal ini tentunya menjadi “surga” tersendiri bagi untuk Anda yang merupakan pegiat flora dan fauna. Selama perjalanan dari tempat berkemah,anda akan ditemani oleh muara dari tiga sungai yang memotong hutan dataran rendah serta pasir putih yang lembut yang ada di hutan pantainya. Kekayaan ekosistem hutan inibermula dari ekosistem sungai-muara, hutan lamun, hutan dataran rendah atau hutan pantai, mangrove berpasir putih dan yang terakhir savana.

Sebagai salah satu cagar alam, wisata Leuweng Sancang menjadi rumah bagi banyak jenis fauna. Anda akan menemukan berbagai primata seperti lutung dan monyet ekor panjang dengan mata kepala anda sendiri. Biawak juga masih hidup bebas di tempat ini, menjadikan  Sancang sebagai surganya hutan tropis Garut. Bukan hanya saja hewan besar yang menghuni hutan, Anda dapat merasakan sensasi bersama serangga dan ratusan kepiting bakau, klomang, dan ikan glodok pada hutan mangrove yang nyatanya hampir dapat mewakili berbagai spesies bakau. Jika seorang pecinta liburan yang menawarkan pertualangan namun juga bernuansa alam, Leuweng Sancang adalah surganya. Diwajibkan untuk anda agar menghormati mitos yang beredar tentang Hutan Leuweung Sancang ini. Bukan bermaksud takhayul namun dengan menghormati mitos secara tak langsung anda juga menjaga kelestarian dari hutan ini dikemudian hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *