Sekarang ini, mobil sudah tak lagi menjadi sekedar alat transportasi saja. Banyak fitur yang ditanamkan di dalamnya yang gunanya adalah membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman, menyenangkan, dan membuat Anda betah di dalam. Kalau di mobil modern, ini bisa berarti memasang sound system, televisi mini, dan bahkan kulkas mini. Tapi ternyata sepanjang sejarah mobil, cukup banyak mobil unik  yang memiliki fitur yang aneh-aneh.

Fitur-fitur mobil tersebut ada yang sudah dipasang nyata di mobil tersebut, dan ada juga yang masih menjadi konsep. Hal yang sudah pasti adalah, begitu Anda melihatnya, Anda akan geleng-geleng kepala. Entah karena kagum dengan inovasinya, atau karena merasa bahwa fitur tersebut terlalu tak masuk akal. Satu hal yang jelas adalah, fitur-fitur itu bukanlah fitur mobil yang bertahan sampai di zaman modern.

mobil-unik-sepanjang-sejarah

Pertama, mari lihat fitur-fitur yang hanya menjadi konsep saja dan tak pernah dipasang:

Karung kanvas buat anjing peliharaan
Konsep ini pertama kali diajukan di tahun 1935. Karung kanvas tersebut bisa dipasang di pintu mobil dan berada di sisi luar. Untungnya, konsep ini tak pernah jadi kenyataan.

Disc yang terlepas saat tabrak lari
Di tahun 1931, muncul konsep untuk melepaskan disc yang berisi identitas pengemudi secara otomatis ketika dia menabrak seseorang. Sayangnya konsep berguna ini tidak diberlakukan.

Berikutnya, mari lihat apa saja fitur maupun bentuk mobil unik yang pernah dibuat sepanjang sejarah:

Ban yang bisa menyala
Goodyear memperkenalkan ban yang bisa menyala ini di tahun 1961. Ban ini bisa menyala karena ada bohlamnya, yang jelas sangat berbahaya kalau dipakai jalan.

Mini bar
Mobil Cadillac Eldorado Brougham keluaran 1975 memiliki mini bar yang dilengkapi magnet untuk menjaga gelas dan botol alkohol agar tak tumpah. Bahkan di bar tersebut Anda akan menemukan tempat peralatan makeup, tempat rokok, dll.

Mobil amfibi
Diproduksi tahun 1961-1968. Mobil ini memiliki 4 silinder dan pompa untuk mengapungkan mobil. Sayangnya, mobil ini kecepatannya pelan di jalan, dan lambat di air.

Mobil roda 3
Dibuat di Inggris selama 27 tahun. Mobil yang dikenal dengan sebutan Robins ini diklasifikasi sebagai sepeda motor karena tak punya 4 ban. Sangat ringan dan cocok buat di jalanan bersalju, meski mudah terguling.

Kursi berputar 180o
Kursi depan mobil Buick Flamingo buatan tahun 1961 ini bisa berputar 1800 sehingga bisa dipakai untuk mengobrol dengan orang di belakang.

Setir mobil yang mengayun
Mobil Ford Thunderbird ’61 ini memiliki setir yang bisa diayun sehingga pengemudi mudah untuk keluar.

Selanjutnya adalah beberapa fitur unik lain lagi yang sekarang ini sudah tak ada lagi:

Seatbelt otomatis
Diperkenalkan tahun 1970-an, seatbelt ini akan langsung mengikatkan diri ke penumpang begitu duduk.

Rim blow
Alih-alih menggunakan tombol klakson, Anda bisa membunyikannya dari mana saja di bagian setir karena ada karetnya di dalam rangkanya.

Persneling lightning rod
Sistem transmisi manual yang unik karena menggunakan 3 buah persneling sekaligus.

Benar-benar fitur mobil unik yang cukup bikin geleng kepala, bukan? Kalau dilihat lagi, sebenarnya ada beberapa fitur mobil tersebut yang masih ada sampai sekarang, hanya saja diperbaharui dan dibuat lebih praktis. Sementara yang lainnya lagi sudah ditinggalkan begitu saja. Meskipun demikian, harus diakui bahwa ada beberapa konsep tersebut yang sebenarnya cukup berguna buat pengendara mobil modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *