California,adalah Negara yang memiliki banyak musim.Diantaranya musim panas.Apabila musim ini tiba,banyak orang menghabiskan waktu untuk menikmati liburan summer camp.Bahkan beragam hiburan dan berbgai permainan cara menurunkan berat badan
disajikan disini untuk memberikan suatu hiburan bagi seluruh peserta acara summer camp supaya tidak bosan.Sudah pasti seru dan menarik tentunya.
Salah satu contoh kegiatan menarik dan beda dari yang lainnya adalah dengan di adakannya perkemahan yang terdapat di Lembah Selatan California,Amerika Serikat.Tempat itu dinamakan Camp Navarro.Camp Grounded yang bertugas sebagai pelaksana acara ini membuat sebuah konsepyang berbeda.Ya, tim penyelenggara tidak memperbolehkan seluruh peserta yang mengikuti acara ini membawa alat-alat elektronik.apapun jenis dan bentuknya.
Walau begitu,tim penyelenggara tetap memberikan fasilitas layaknya menggunakan kecanggihan elektronik.Misalnya , agar peserta bisa tetap eksis,panitia menyediakan kotak pos untuk berkirim pesan seperti dengan menggunakan alat elektronik.
Salah satu contoh kegiatan unik dari acara ini yaitu ketika peserta ingin mengungkapkan perasaannya menjadi sebuah setatus layaknya di media sosial,maka mereka dipersilahkan menuliskan apa saja di sebuah papan kecil yang digantungkan di leher mereka.Alat elektronik yang boleh dibawa hanyalah kamera.
Pendiri dari Camp Grounded,Levi Felix menyatakan bahwa tujuan pertama dari di adakannya acara ini yaitu untuk memberikan rileksasi bagi para peserta untuk bisa istirahat sejenak dari kesibukannya sehari-hari.Hal ini juga terdapat di situs CNET,pada 13 Juni 2014 lalu.
Sebenarnya hal ini dilator belakangi oleh keprihatinan Felix yang selalu melihat orang-orang diekitarnya menghabiskan waktu di depan gadget mereka sekitar 8-12 jam tiap harinya.Yang lebih mengagetkan lagi,ternyata dari peserta yang mengikuti perkemahan detoksifikasi gadget ini,mereka sebelumnya menhabiskan waktu hingga 13 jam di depan layar handphone,computer,televisi.
Felix juga mempunyai tujuan agar seluruh peserta dapat berinteraksi pada sesama.Tanpa alat elektronik seluruh peserta akan bergaul pada siapaun tanpa memandang status mereka bahkan jabatan sekalipun.
Felix mendirikan Camp Ground karena terinspirasi berdasarkan pengalamannya yang saat itu pernah sakit dibagian esofagus beberapa tahun silam.Saat itu Felix tengah menjabat sebagai wakil direktur utama di perusahaan teknologi.Karena pengalaman itulah dia menyadari,ketika masa penyembuhan harus ada yang menarik untuk masyarakt yang tinggal di perkotaan agar tidak selalu sibuk dengan kegiatan mereka sehari-hari.
Hal yang cukup unik terjadi ketika para peserta tiba di perkemahan.Ternyata di antara mereka masih ada yang secara diam-diam membawa alat-alat elektronik seperti hp dan laptop.Tapi tentunya mereka harus gigit jari,karena ternyata di area perkemahan tidak tersedia jaringan seluler.
Di dalam perkemahan ini,peserta di utamakan untuk berkegiatan seperti memasak, berolahraga, dan meditasi atau yoga.Disini peserta dibagimenjadi beberapa kelompok dan di beri nama sesuai keinginan mereka.
Felix menyebutkan bahwa cara berkemah seperti ini bisa dianggap seperti detoksifikasi dari ketergantungan alat elektronik.Bahkan Felix menambahkan 40% peserta yang lalu,selalu datang kembali untuk mengikuti acara ini.
Perkemahan yang dihdiri dari 32 Negara bagian di AS ini,dibagi menjadi 3 sesi.yang tiap sesinya terdiri dari 250 orang.Uniknya peserta yang mengikuti perkemahan detoks elektronik ini berumur mulai dari 19 tahun sampai 81 tahun.Untuk bisa mengikuti acara ini peserta harus membayar 570 dolar Amerika,atau setara dengan Rp 6.700.000.Heemm cukup mahal ya,tapi untuk hal posotif,semua itu tidak jadi masalah.Bagaimana,anda penasaran untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *